Selasa, 19 Maret 2013

STUDI KASUS RPC (REMOTE PROCEDURE CALL)

Tugas Pengantar Sistem Terdistribusi Kedua

RPC (Remote Procedure Call)
RPC adalah suatu protokol yang menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu program untuk berjalan pada suatu komputer tanpa terasa adanya eksekusi kode pada sistem yang jauh (remote system). Protokol RPC digunakan untuk membangun aplikasi klien-server yang terdistribusi. Protokol ini didasarkan pada memperluas konsep konvensional dari suatu prosedur dimana nantinya prosedur ini dapat dipanggil dimana pemanggil tidak harus mempunyai alamat yang sama dengan yang lokasi dimana prosedur ini dipanggil. Dimana proses ini dapat dilakukan pada sistem yang sama atau sistem yang berbeda namun terhubung pada jaringan.

Studi Kasus RPC
Contoh simple studi kasus dari RPC adalah berbagi (sharing) file melalui jaringan LAN (Local Area Network). Misalnya dalam sebuah ruangan terdapat 4 unit PC (PC A, B, C, dan D). Dari 4 unit PC tersebut, terdapat 1 PC (PC A) yang mempunyai kelengkapan data lebih dibandingkan 3 PC lainnya (PC B, C dan D).
Suatu ketika ada file yang ingin ditransfer dari PC A ke PC B, C dan D. Tetapi karena ukuran file yang sangat besar sehingga memungkinkan waktu yang lama untuk mentransfer file tersebut ke PC B, C dan D secara bergantian, maka diimplementasikanlah RPC.
Mekanismenya adalah user pada PC A membuka koneksi dengan 3 PC lainnya dengan cara membuat IP server. User 3 PC lainnya membuat IP client. Setelah terkoneksi satu sama lain, maka user pada PC A membagi (sharing) file tersebut sehingga dapat diunduh oleh 3 PC lainnya melalui PC masing-masing, tanpa perangkat tambahan seperti flashdisk, CD dll.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar